Souvenir Pernikahan Murah  Berkualitas (Harga mulai dari Rp.500)

  Mahalnya banyak yang ngalahin, Murahnya ga ada yang ngalahin







Informasi lengkap tentang berbagai produk Best Seller dan terbaru kami, silakan klik dan kunjungi web terbaru



Salah satu bagian yang tak pernah lepas dalam rangkaian acara pernikahan adalah adanya pemberian seserahan pernikahan oleh pihak mempelai laki-laki kepada pihak perempuan. Seserahan pernikahan juga merupakan salah satu ciri khas pernikahan di Indonesia. Upacara seserahan pernikahan ini juga dapat menjadi waktu yang tepat untuk mempertemukan dan mengakrabkan kedua keluarga calon mempelai pengantin sebelum acara pernikahan. Adat prosesi seserahan pernikahan yang dijalani oleh pasangan calon pengantin satu dengan yang lainnya kemungkinan memiliki perbedaan sesuai dengan adat istiadat. Beberapa adat memang mempunyai pakem khusus mengenai barang-barang apa saja yang harus dijadikan seserahan dalam acara pernikahan. Namun tidak semua mempelai menggunakan pakem tersebut dalam menyiapkan barang seserahan pernikahan. Penjelasan dibawah ini adalah contoh barang-barang seserahan atau hantaran yang biasa atau lazim dijadikan seserahan atau hantaran dalam acara pernikahan. Semoga penjelasannya bermanfaat ^_^

Barang - barang yang lazim dijadikan seserahan  atau hantaran pernikahan
  1. Seserahan pernikahan berupa alat shalat (mukena, sajadah) + Al-Qur'an.
  2. Seserahan pernikahan berupa pakaian, umumnya pakaian yang dijadikan sebagai seserahan pernikahan berupa kebaya lengkap dengan kain panjang, baju pesta, baju tidur maupun baju kerja.
  3. Seserahan Pernikahan berupa pakaian dalam, pakaian dalam yang dijadikan seserahan berupa celana dalam, bra dan korset.
  4. Seserahan Pernikahan berupa peralatan mandi dan perawatan tubuh, seserahan ini berupa sabun mandi, sabun wajah pasta gigi, shampo, body scrub.
  5. Seserahan Pernikahan berupa kosmetik, seserahan berupa kosmetik biasanya terdiri dari bedak, eye shadow, Blush on, pensil alis, lipstik, eye liner, parfum.
  6. Seserahan pernikahan berupa perhiasan, seserahan ini biasanya terdiri dari gelang, cincin, anting, kalung.
  7. dan seserahan pernikahan terakhir berupa kue-kue dan buah-buahan.
Barang-barang tersebut tidak harus ada dalam seserahan pernikahan. Namun benda tersebut memang yang umum diberikan sebagai seserahan pernikahan. Prinsip dalam menyiapkan barang seserahan pernikahan adalah barang tersebut memang dibutuhkan dan akan digunakan oleh calon pengantin wanita. Jumlah seserahan itupun sangat ditentukan oleh kebutuhan dan dana yang tersedia. Namun beberapa orang yang sangat memegang teguh adat, kebiasaannya akan menyiapkan seserahan pernikahan dalam jumlah ganjil seperti 5, 7 atau 9.

Setelah menerima macam - macam barang-barang seserahan pernikahan, biasanya pihak calon pengantin wanita akan memberikan bingkisan balasan. Berupa barang-barang keperluan calon pegantin pria seperti pakaian pria lengkap yang nantinya akan digunakan dalam prosesi akad nikah. Masih ditambah dengan sepatu, dasi, ikat pinggang dan parfum. Tidak ketinggalan juga aneka makanan dan buah sebagai pelengkapnya.


Seserahan Pernikahan Adat Jawa

Dalam adat jawa, seserahan pernikahan atau disebut juga peningsetan memiliki arti yang mendalam. Peningsetan berasal dari kata singset (artinya mengikat) yang memiliki arti tanda ikatan hati antara dua keluarga yang akan menjadi satu dalam pernikahan. Seserahan pernikahan tersebut juga merupakan simbol atau tanda tanggung jawab dari calon pengatin pria untuk meyakinkan calon mertuanya bahwa dirinya telah siap memberi nafkah lahir dan batin pada calon mempelai wanita.

Dalam adat jawa biasanya seserahan pernikahan dilakukan pada malam sebelum acara pernikahan dilangsungkan atau dikenal dengan sebutan malam midodareni.

Seserahan acara pernikahan yang lazim pada adat jawa yaitu:
  1. Barang seserahan pernikahan berupa Alat sholat
  2. Barang seserahan pernikahan berupa Satu set cincin nikah berbentuk bulat tanpa putus yang bermakna agar cinta sepasang pengantin ini akan abadi hingga akhir hayat.
  3. Barang seserahan pernikahan berupa Seperangkat perhiasan dari emas, intan, berlian yang bermakna agar calon mempelai wanita selalu bersinar dan tidak mengecewakan keluarga barunya.
  4. Barang seserahan pernikahan berupa Seperangkat busana putri (termasuk bahan kebaya dan kain jarik dari motif batik) yang bermakna bahwa setiap pihak harus pintar menyimpan rahasia mereka berdua terhadap pihak lain.
  5. Barang seserahan pernikahan berupa buah-buahan (khususnya pisang) yang bermakna agar cinta antara pasangan calon pengantin dapat berbuah kasih yang bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat. 
  6. Barang seserahan pernikahan berupa Makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan seperti wajik, jenang, lapis atau jadah. maknanya adalah agar cinta pasangan calon pengantin apat selalu lengket sepanjng masa seperti beras ketan yang telah dimasak.
  7. Barang seserahan pernikahan berupa Suruh ayu berupa satu set daun sirih yang memberi makna mendoakan keselamatan dan kebahagiaan pengantin.
Jumlah barang seserahan pernikahan tidak mutlak, sebaiknya disesuaikan dengan anggaran. Dalam adat jawa, jumlah masing-masing barang seserahan biasanya ganjil (5,7 atau 9)

Seserahan Adat Sunda

Seserahan pernikahan dalam adat sunda merupakan upacara pranikah yang menjadi kelanjutan dari prosesi lamaran. Arti utama dari seserahan pernikahan adat sunda adalah menyerahkan calon pengantin pria untuk masuk dan menjadi anggota keluarga calon pengantin wanita. 

Dalam adat sunda, biasanya acara pernikahan diadakan sekitar 3 sampai 7 hari sebelum acara pernikahan. Barang-barang seserahan pernikahan adat sunda biasanya terdiri dari:
  1. Barang seserahan pernikahan berupa uang yang jumlahnya 10 kali lebih besar dibandingkan pada saat acara lamaran,
  2. Barang seserahan pernikahan berupa Seperangkat busana,
  3. Barang seserahan pernikahan berupa Peralatan dapur, 
  4. Barang seserahan pernikahan berupa Peralatan rumah tangga, 
  5. Barang seserahan pernikahan berupa Makanan dan sebagainya.

Tips Seputar Seserahan

Dalam prosesi pernikahan terutama dalam adat jawa timur, jawa tengah dan jawa barat terdapat  serangkaian acara. Diantaranya adalah seserahan atau dalam istilah jawa nya “peningsetan”

Peningset berasal dari kata singset yang berarti pengikat. Acara ini menjadi symbol pengikat cinta antara calon pengantin pria kepada calon pengantin wanita. Selain itu, seserahan juga menjadi wujud dari tanggung jawab calon pengantin pria untuk menapaki jenjang rumah tangga bersama calon pengantin wanita

Selain sebagai bagian dari adat, seserahan juga sebagai etika dalam bersilahturahmi karena seserahan berwujud bingkisan tanda kasih

  1. Buatlah daftar barang yang akan dipakai untuk seserahan ketika rencana pernikahn  sudah matang.
  2. Meskipun seserahan pernikahan diberikan oleh pihak pria kepada wanita, namun ada baiknya saat membeli barang-barang seserahan perikahan dilakukan berdua. Agar barang-barang yang dibeli benar-benar sesuai dengan selera dan kebutuhan.
  3. Jika terpaksa hanya pihak pria yang berbelanja barang seserahan pernikahan, jangan lupa untuk lebih dahulu menanyakan ukuran baju, sepatu dan sandal. Tanyakan pula merk kosmetik yang biasa digunakan.
  4. Belanja barang untuk seserahan sebaiknya dilakukan bertahap. Ada baiknya juga memanfaatkan moment diskon agar dapat menghemat anggaran belanja seserahan pernikahan.
  5. Tidak ada pakem/aturan baku untuk jenis dan jumlah seserahan pernikahan yang akan diberikan, karena itu sesuaikan saja dengan dana yang tersedia. Ingatlah bahwa seserahan pernikahan hanya satu dari serangkaian prosesi pernikahan. Artinya masih banyak dana yang dibutuhkan untuk menyelesaikan rangkaian pernikahan ini.
  6. Setelah diterima, barang seserahan pernikahan yang dikemas dalam bentuk lipatan kain, sebaiknya segera dibongkar. Agar bahan kain barang seserahan pernikahan yang dilipat tersebut tidak rusak.
  7. Kain-kain usai dilipat, biasanya akan kusut. Untuk itu agar kain seserahan tersebut dapat licin kembali, setrika kainnya dalam keadaan lembap yaitu dengan lebih dulu dibasahi.

 

IDE MEMBUAT SESERAHAN PERNIKAHAN YANG MENARIK

 

 Pastinya kita pernah melihat proses lamaran maupun acara penikahan, dan di dalam acara tersebut sering kali diadakan seserahan sering kali menjadi tradisi wajib yang wajib dilakukan dan kebanyakan dilakukan oleh pihak mempelai pria.


Seserahan pernikahan ataupun parcel pernikahan yang dibuat secara apik, dibalut dengan bungkusan dan warna yang cantik pastinya akan memberikan tampilan yang menarik dan dan akan menarik perhatian pada seserahan pernikahan tersebut.

Hiasan seserahan pernikahan pun memiliki bentuk dan desain yang beraneka ragam mulai dari isian yanga akan kita pilih hingga pemilihan kotak seserahan penikahan yang akan kita pilih, untuk mendapakatkan parcel seserahan pernikahan yang menarik tidak mesti di isi dengan barang-barang seserahan yang mahal, namun dengan pembungkusan yang tepat, maka parcel seserahan pernikahan tersebut akan tampak berharga.

Berikut ini tips cara membuat parcel pernikahan yang menarik:

Pertama, tentukan isi yang hendak anda gunakan untuk seserahan ataupun parcel pernikahan nantinya, apakah itu kue, buah-buahan ataupun pakaian dan perhiasan ?

Kedua, setelah menentukan isi seserahan, selanjutnya dalam tips cara membuat parcel seserahan Penikahan adalah pemilihan akan kontak pembungkus seserahan, kini terdapat berbagi jenis kotak pembungkus untuk seserahan atau parcel penikahan, baik itu dalam bentuk kotak karton, anyaman bamboo, rotan, kayu bahkan besi, yang terpenting disesuaikan dengan isi yang akan anda masukan sebagai seserahan pernikahan.
proses selanjutnya dalam cara membuat parcel seserahan Penikahan adalah penambahan aksen pada pembungkusya.

Contohnya menghias keranjang seserahan dengan pita, gliter ataupun cat air. Dalam penambahan aksen pada proses pembuatan parcel seserahan Penikahan tidak ada pakem dan aturan baku oleh karena itu berkreasi dan jangan takut untuk berinovasi untuk mendapatkan tampilan yang unik dan menarik pada seserahan pernikahan anda. Misalnya saja mencoba memadukan bahan bermotif bola-bola dan motif salur namun tetap memperhatikan keserasiannya.

Ketiga, untuk anda yang hendak menaruh buah kedalam parcel pernikahan ada hal yang harus diperhatikan dalam cara membuat parcel seserahan Penikahan, pertama tentu saja memilih buah yang masih segar, dan dalam penataannya susunalah buah dari yang terbesar hingga yang terkecil dan memberikan dasar/alas di bagian bawah keranjang.

Keempat, meskipun tidak ada aturan dan pakem tentang cara membuat parcel seserahan Penikahan namun kita tetap memperhatikan keserasian warna hantaran seserahan pernikahan dengan tema warna dan tema pernikahan yang Anda pilih. Hal itu dimaksudkan agar seserahan ataupun parcel pernikahan dapat menambah semaraknya dekorasi pengantin bukan malah menjadi perusak pandangan mata.

MAKNA SESERAHAN PERNIKAHAN BESERTA ISINYA

 

Tahukah kamu makna dari seserahan? Pada umumnya seserahan sudah menjadi bagian dalam rangkaian pernikahan di Indonesia. Seserahan pernikahan adalah symbol bahwa pria sanggup dan mampu untuk bertanggung jawab mencukupi kebutuhan hidup calon pengantin wanita. Dalam seserahan pernikahan, selain kebutuhan dasar disisipkan juga barang atau makanan yang menjadi simbol keseriusan mempelai pria untuk mencintai dan setia pada calon pengantinnya. Dibawah ini adalah jenis seserahan pernikahan beserta maknanya.

 

  1. Seserahan berupa seperangkat pakaian. Seserahan pernikahan ini bukan hanya sekedar busana, namun pakaian disini meliputi kebutuhan pakaian mempelai wanita dari ujung kaki hingga ujung kepala, meliputi jilbab (bila berjilbab), mukena, baju kerja, baju pesta, kebaya, kain batik, pakaian dalam hingga sepatu sendal. Artinya : Baik pengantin pria maupun wanita harus bisa menjaga rahasia dan kesakralan pernikahan mereka, tidak sembarangan mengumbar masalah dan rahasia suami istri.
  2. Seserahan berupa Perawatan tubuh dan Make-Up. Seserahan pernikahan  ini di dalamnya mencakup barang seserahan berupa sampo, sabun, body scrub dan lainnya . Barang-barang seserahan ini memiliki arti mempelai pria menjamin bahwa ia bisa menjaga penampilan istrinya dengan menyediakan seperangkat perawatan tubuh dan make up memadai.
  3. Seserahan pernikahan berupa Pernak-pernik perhiasan. Perhiasan biasanya berupa cincin, kalung, liontin, atau bahkan gelang untuk mempelai wanita. Artinya Calon mempelai wanita diharapkan akan selalu berusaha untuk tidak mengecewakan suaminya dan tetap akan indah seperti permata walaupun berbagai masalah hidup dan bertambahnya usia tidak bsa dihindari.
  4. Seserahan Pernikahan berupa Makanan Tradisional. Biasanya sih makanan tersebut dipilih makanan yang basah dan lengket seperti dodol dan sebagainya. Kue yang lengket biasanya terbuat dari beras ketan adalah symbol silaturahmi dan harapan bahwa kedua pasangan akan selalu bersatu sampai akhir hayat dan silahturahmi antara keduanya keluarganya akan tetap terjaga selamanya.
  5. Seserahan Pernikahan berupa Buah-buahan. Biasanya dalam seserahan tersebut terdapat bebagai macam buah terutama pisang raja satu sisir. Artinya buah-buahan adalah simbol harapan agar pasangan yang menikah bisa saling menghasilkan buah yang melimpah bagi keluarga dan orang-orang yang ada disekitarnya.
  6. Seserahan Pernikahan berupa Daun Sirih. Yang satu ini bukan termasuk kebutuhan dasar mempelai wanita, namun daun sirih menjadi symbol dari kesatuan hati, kesatuan tekad kedua pasangan di atas perbedaan

 

 

9 Daftar Barang Yang Perlu Disiapkan Untuk Seserahan

 

Seserahan dalam pernikahan merupakan simbolisasi dari pihak pria sebagai bentuk tanggung jawab kepada pihak keluarga wanita. Menurut adat istiadat masyarakat Jawa, seserahan pernikahan biasa diserahkan pada malam midodareni. Sedangkan untuk adat istiadat masyarakat Sunda, seserahan pernikahan tersebut diserahkan pada saat ngeuyeuh seureuh. Namun, sebagian besar masyarakat juga biasa menyerahkan seserahan  pernikahan pada saat akad nikah. Bagi penganut adat Jawa, barang seserahan pernikahan yang wajib diberikan adalah pakaian bagi wanita mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Pakaian ini bisa disimbolkan dengan kebaya beserta kain bawahan.

 

Sebelum menyiapkan seserahan pernikahan, ada baiknya Anda membuat daftar barang-barang yang akan dibeli sebagai seserahan pernikahan. Hal ini bisa digunakan sebagai satu cara untuk menentukan budget Anda serta untuk menentukan kapan Anda mulai membeli seserahan pernikahan tersebut. Dalam adat Jawa, seserahan pernikahan sebaiknya diberikan dalam jumlah ganjil. Sedangkan jumlah seserahan pernikahan yang ditentukan itu tergantung dari kesepakatan bersama.

 

Ketika membeli barang-barang seserahan pernikahan, sebaiknya mempelai wanita ikut hadir. Mengapa demikian? Seserahan adalah barang-barang yang akan diberikan untuk pihak wanita, maka sebaiknya barang-barang seserahan yang dibeli juga sesuai dengan selera dan pilihan mempelai wanita. Jangan lupa untuk membeli kotak/wadah seserahan pernikahan yang sesuai dengan pilihan Anda.

 

Barang-barang inilah yang wajib ada dalam seserahan:

 

1. Alat sholat

Seserahan pernikahan berupa Alat sholat (bagi pasangan muslim) merupakan simbol bahwa hubungan rumah tangga kedua suami istri harus selalu berpegang teguh pada agama. Seserahan pernikahan berupa alat sholat bisa dijadikan simbol pengingat suami istri kepada Tuhan.

 

2. Satu set cincin nikah

Seserahan pernikahan berupa Satu set cincin nikah yang berbentuk bulat tanpa putus ini memiliki makna bahwa cinta sepasang pengantin ini akan abadi selamanya. Cincin ini juga merupakan simbol pengikat hubungan kedua pasangan agar bisa bersama sampai akhir hayat.

 

3. Perhiasan dari emas, intan, atau berlian

Seserahan pernikahan berupa Perhiasan ini memiliki makna bersinar dan penuh harapan. Yang dimaksud bersinar dan penuh harapan di sini adalah diharapkan pengantin wanita selalu bersinar di kehidupan barunya. Selain itu, pengantin wanita juga diharapkan tidak mengecewakan keluarga barunya.

 

4. Seperangkat busana putri

Seserahan pernikahan berupa Busana putri yang dimaksud di sini adalah bahan kebaya dan kain jarik dari berbagai motif batik. Seperangkat busana ini memiliki makna bahwa setiap pihak, baik pengantin pria maupun pengantin wanita harus pintar menyimpan rahasia mereka berdua terhadap pihak lain.

 

5. Buah-buahan

Seserahan pernikahan berupa Buah-buahan, khususnya pisang, memiliki makna kasih sayang dan cinta. Seserahan ini bertujuan agar cinta di antara sepasang calon pengantin bisa bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat.

 

6. Makanan tradisional

Seserahan pernikahan berupa Makanan tradisional yang biasa diberikan untuk seserahan adalah makanan yang terbuat dari beras ketan seperti wajik, jenang, kue lapis, atau jadah. Makna makanan tradisional ini adalah agar cinta kedua calon pengantin ini selalu lengket sepanjang masa. Sebagaimana beras ketan yang setelah dimasak akan menjadi lengket.

 

7. Suruh ayu

Seserahan Pernikahan berupa Suruh ayu adalah satu set daun sirih yang mempunyai makna mendoakan keselamatan dan kebahagiaan kedua pengantin dan kehidupan baru yang mereka tempuh.

 

8. Peralatan makeup

Seserahan pernikahan berupa Peralatan makeup yang ada di dalam seserahan berarti pengantin pria bersedia menjaga penampilan calon istri dengan sebaik-baiknya. Di samping itu, seserahan ini juga berarti pengantin pria bersedia menyediakan perawatan tubuh dan makeup bagi calon istrinya.

 

9. Sepatu/selop

Seserahan pernikahan berupa Sepatu atau selop biasa disertakan dalam daftar barang seserahan. Maknanya adalah agar kedua mempelai siap menjalani satu kehidupan baru mereka. Selain itu, kedua mempelai diharapkan dapat selalu berada di jalan yang lurus dan menjaga hubungan pernikahan mereka selamanya.

Sembilan barang di atas adalah barang yang wajib ada dalam seserahan Anda. Biasanya, jenis makanan khas juga banyak disertakan dalam seserahan. Untuk barang tambahan lain, tentu terserah kedua belah pihak. Pilih barang seserahan yang tepat ya, Ladies. Jangan sampai pilihan Anda terlalu memberatkan beban keluarga calon suami Anda.

Menerima pembuatan aneka bentuk seserahan untuk pernikahan

1. Aneka Barang Seserahan dan kotak dari calon pengantin
2. Pemesanan Min 2 minggu sebelum hari pernikahan
3. Biaya pembuatan seserahan (Nego):

-Mukena @ 45.000

-Sajadah @ 40.000

-Pakaian dalam @ 30.000/pasang

-Pakaian tidur @ 35.000

-Jarik / Kain Panjang @ 50.000

-Kosmetik @ 40.000

-Alat MAndi @ 40.000

-Pakaian @ 60.000

4. Seserahan dapat diantar (ongkos kirim) atau di ambil sendiri




Klik salah satu gambar untuk melihat detil produk


Tentang Kami

Macam-macam Souvenir Pernikahan Murah, unik dan Berkualitas. Mahalnya banyak yang ngalahin, Murahnya gak ada yang ngalahin. Tersedia macam-macam souvenir pernikahan murah mulai dari harga Rp.500.

Hubungi Kami

  • 0812 80020 712 
  • 0838 986 896 54 (Mobile)
  • 740D4E22 (PIN BB)

Info dan pemesanan dapat dilakukan dengan menghubungi nomor yang tertera di atas (Telp/sms).

Pengiriman barang menggunakan Tiki/ JNE/ Jasa pengiriman barang rekomendasi anda.

  • Daerah Khusus Ibukota Jakarta
    17412
    Indonesia

Seluruh Indonesia